Categories:

Jadikan destinasi tracking  mangrove karimunjawa menjadi desa wisata wajib saat berkunjung ke pulau Karimunjawa.

Kurang lengkap rasanya jika melewatkan tracking mangrove karimunjawa  saat berkunjung di wisata pulau karimunjawa. Pulau Karimun tidak hanya menawarkan wisata bawah laut saja, namun masih ada banyak pemandangan di pulau ini yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu tempat wisata yang menarik di Karimunjawa adalah tracking mangrove atau hutan mangrove. Hutan ini memiliki luas sekitar 222,2 hektar dan tumbuhan bakau dengan beragam jenis. Banyak hal menarik yang patut kamu kunjungi di wisata yang satu ini.

Akomondasi Tracking Mangrove Karimunjawa

Tracking Mangrove Karimunjawa terletak tak jauh dari bandara Dewandaru, yaitu di Pulau Kemojan. Pulau ini berlokasi antara perbatasan pulau Kemujan dan Pulau Karimunjawa. Tempat ini dapat Anda tempuh melalui jalur darat dari pelabuhan atau alun-alun Karimunjawa.

Anda bisa menggunakan kendaraan beroda dua atau empat untuk menempuh perjalanan kurang  lebih 12 km dari alun-alun Karimunjawa. Namun tidak mudah untuk mencapai tempat ini, karena Anda harus melewati jalanan yang rusak dan berkelok terlebih dahulu.

Bagi yang berjiwa petualang, Anda dapat mencoba spot tracking mangrove karimunjawa. Di sini akan ditenemukan jembatan panjang dari kayu juga beberapa shelter untuk isthirahat. Sehingga Anda dapat belajar tentang mangrove (bakau) dan menikmati keindahan alam.

Spot Foto Hutan Mangrove Karimunjawa

Banyak spot foto menarik di hutan wisata tracking mangrove karimunjawa yang bisa Anda abadikan. Sangat disayangkan jika berkunjung ke tempat ini tanpa mengabadikannya melalui kamera Anda. Lalu tempat mana saja yang cocok untuk spot foto?

1.     Hutan Wisata Tracking Mangrove 

Di hutan wisata tracking mangrove ini Anda dapat menemukan 45 jenis Mangrove yang termasuk dalam 25 famili. Selain itu, Anda juga dapat menemukan satu jenis tanaman langka di dunia.

Tanaman langka tersebut yaitu waru laut atau malvaceae, schipiphora hydrophilaceae, Mangrove getah atau luphorbiaceae, Mangrove duduk atau combretaceae, Mangrove tingen atau rhizophoraceae, dan Mangrove pedada lanang atau sonneratiaceae.

2.     Gardu Pandang Mangrove Karimunjawa

Anda dapat menikmati kesejukan di kana kiri jalanan masuk, karena hutan ini cukup rimbun. Jika Ada merasa kelelahan, Anda bisa beristirahat di pos peristirahatan. Disini terdapat spot foto yang menarik. 

Terdapat gardu pandang yang cukup tinggi di tengah tengah wisata mangrove yang terletak didekat laut. Melalui gardu pandang itu, Anda dapat melihat keindahan tracking mangrove yang berupa pulau dan pegunungan karimunjawa yang indah.

3.     Tracking Mangrove Karimunjawa

Tracking mangrove karimunjawa merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa. Selain pohon mangrove purba, disini juga terdapat bibit tanaman mangrove yang baru ditanam.

Tracking Mangrove Karimunjawa memiliki desain semacam jalur tracking yang terbuat dari jembatan kayu.  Jalur tracking yang mengelilingi hutan mangrove ini sangat indah. Anda juga bisa mendapatkan spot sunset terbaik dari menara di tengah hutan alilingingeda.

Rute Hutan Magrove Karimunjawa

Jika Anda akan menuju lokasi hutan mangrove karimunjawa, Anda dapat melalui jalan utama karimunjawa yang berada di Desa Kamunjan. Untuk mencapai lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat seperti mobil.

Waktu yang dibutuhkan sekitar satu jam jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota atau alun-alun karimunjawa. Setelah sampai lokasi, Anda akan menemukan pintu gerbang hutan mangrove karimunjawa. 

Mangrove Forest Karimunjava

Jika Anda sudah sampai di gerbang, Anda dapat melihat dua bangunan, disebelah kanan terdapat pos satpam (sebelah kanan) dan sebelah kiri terdapat WC yang bisa Anda gunakan setelah perjalanan panjang karimunjawa sampai kemujan.

Di atas papan nama Tracking Mangrove terdapat sebuah sepanduk berwarna orange.  Dibalik papan nama Tracking Mangrove tersebut terdapat adalah sebuah informasi tarif tracking mangrove karimunjawa.

Tiket Masuk Obyek Wisata (HTM)

Setelah melewati gerbang utama, Anda masih harus melanjutkan perjalanan sepanjang 100 meter.  Saat tiba di pertigaan, Anda akan dihadapkan dengan dua jalur antara memulai tracking atau selesai tracking. Pilihlah jalur arah kanan untuk memulai tracking

Sebelum memulai tracking, Anda dapat melakukan pembayaran terlebih dahulu di tiket masuk  hutan mangrove. Dana Anda bayarkan akan digunakan untuk perawatan dan pengembangan hutan dan satwa langka. 

Memulai Tracking

Setelah melalui tahapan diatas, Anda dapat memulai perjalanan menyusuri hutan. Anda akan melewati  jembatan kayu di sepanjang perjalannan. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan perbekalan yang Anda butuhkan sepanjang perjalanan Anda.

Pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk sebelum  berkunjung ke wisata ini. Gunakan lotion anti nyamuk sebelum memasuki kawasan wisata hutan. Banyak hewan seperti serangga berada di kawasan ini, salah satunya serangga jenis nyamuk.

Perjalanan tracking mangrove karimunjawa cukup lama, karena dalam perjalanan ini, Anda akan berjalan sekitar 2 KM. Sehingga tidak menutupi kemungkinan perjalanan ini akan membuat Anda kelelahan. Untuk itu, persiapkan perbekalan Anda terutama air mineral.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan yaitu jangan membuang sampah di sembarang tempat, karena hutan mangrove merupakan hutan lindung satwa langka. Banyak jenis  tumbuhan yang hidup di tempat ini.

Ada berbagai jenis tumbuhan di hutan mangrove ini, jenis tumbuhan kebanyakan yaitu bakau duduk rambat.  Jenis tumbuhan bakau yang satu ini  termasuk  jenis tumbuhan bakau langka saat ini. Bakau duduk rambat disini kebanyakan berjenis bakau avicennia marina.

Jembatan Kayu Hutan Mangrove Karimunjawa

Di perjalanan melelahkan yang Anda tempuh, Anda akan menemukan 4 tempat persinggahan. Anda dapat beistirahat sementara di tempat pesinggahan. Sambil melepas penat, Anda dapat mengambil beberapa foto selfie sebagai kenangan.

Selain melepas penat, Anda juga dapat memanfaatkan waktu untuk mengobrol dengan orang baru sesama pengunjung.  Anda bisa belajar, berbagi cerita dan pengalaman dengan mereka.  Kemudian melanjutkan perjalanan Anda kembali.

Menara Hutan Mangrove Karimunjawa

Bagi Anda pecinta sunset, menara hutan mangrove adalah rekomendasi tepat untuk Anda. Menara ini sangat tepat untuk menikmati sunset. Keindahan alam yang masih asri akan memukau mata Anda.

Namun tempat ini tidak dibuka setiap jam, ada jam–jam tertentu jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini. Oleh karena itu, Anda harus merencanakan waktu terbaik jika ingin berkunjung ke hutan bakau yang rindang ini.

Jadwal Buka Tracking Mangrove Karimunjawa

Masih ada informasi penting bagi Anda yang yang merencanakan wisata di karimunjawa. Wisata ini merupakan wisata yang banyak dikunjungi oleh traveler. jadi, jika Anda merencanakan wisata, Anda wajib mengagendakan supaya wisata Anda berjalan lancar.

Tracking Mangrove Karimunjawa adalah salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi. Udara yang segar, ekosistem yang masih asri dapat membantu merefress otak kita dari penatnya pekerjaan sehari-hari.

Penutup

Bagi Anda yang tertarik tour ke Karimunjawa dan berkunjung ke Tracking Mangrove Karimunjawa, Anda dapat menghubungi kami https://karimunjawajepara.id Kami akan membantu anda untuk acara kunjungan wisata Anda ke Karimunjawa.

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
× Hallo kak........