Categories:

Salah satu destinasi wisata yang begitu menarik perhatian di kota ukir Jepara, adalah pantai Tanjung Gelam Karimunjawa yang masih jarang dikunjungi.

Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa ini memiliki hamparan pasir putih yang dipadu dengan air lautnya yang tenang dan juga jernih. Pantai yang terlihat alami dengan adanya bebatuan dan pepohonan yang masih terjaga membuat udara pantai tetap sejuk.

Para wisatawan yang datang berkunjung akan terpukau dengan keindahan pantai di Jepara ini. Hal inilah yang tidak dilewatkan oleh para pengunjung untuk melakukan swafoto bersama. Selain itu para wisatawan juga dapat snorkling untuk melihat terumbu karang yang masih terjaga.

 

Tentang Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Tanjung Gelam atau yang biasa disebut dengan Ujung Gelam adalah sebuah nama pantai yang sangat terkenal di kepulauan Karimunjawa. Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa ini berada di pulau utama, sehingga tidak heran jika menjadi tujuan utama para wisatawan.

Selain itu pantai ini juga dijuluki sebagai pelabuhan. Hal ini dikarenakan ramainya dan juga kelengkapan fasilitas yang ada di pantai Tanjung Gelam. Pantai ini juga biasa dijadikan sebagai tujuan akhir setelah berkeliling menikmati pantai yang ada di Karimunjawa.

 

Lokasi Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Lokasi pantai tanjung gelam ini sangat cocok untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Hal ini lah yang membuat daya tarik tersendiri, karena sunset di pantai Tanjung Gelam ini dikenal dengan keindahannya.

Pantai Tanjung Gelam ini berada di ujung barat Pulau Karimunjawa yang terletak pada bagian barat daya pantai Batu Topeng.  Yang mana Pantai Batu Topeng ini adalah daratan yang menjorok ke laut dan masih menjadi bagian Pulau Karimunjawa.

Daratan menjorok tersebut biasa disebut dengan Tanjung. Memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan menjadi tempat yang nyaman bersantai, bermain di sekitar pantai. Pantai tersebut semakin cantik dengan pemandangan air laut  yang hijau kebiruan yang dilihat dari bibir pantai.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan di Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa tidak perlu merogoh kantong yang cukup dalam. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu saja untuk satu orang.

Dengan begitu semua keindahan alam dan juga kenyamanan dalam berwisata pantai sudah Anda dapatkan. Jadi, jangan ragu untuk berlibur, mengajak keluarga dan teman terdekat menikmati wisata alam satu ini.

 

Rute ke Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Untuk menuju pantai Tanjung Gelam, terdapat dua pilihan rute ke Karimunjawa yang dapat Anda tempuh. Rute yang pertama adalah rute dari kota Jepara dan rute yang kedua adalah rute

dari kota Semarang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan dari kedua rute tersebut.

 

1. Rute dari kota Jepara

Rute yang pertama adalah dari kota Jepara, yang mana untuk menuju kota Jepara Anda bisa melakukan perjalanan darat dengan menggunakan angkutan umum, sepeda motor, atau dengan menggunakan mobil.

Kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Kartini yang berada di Pantai Kartini Jepara. Setelah itu dilanjutkan dengan naik kapal Ferry menuju ke Pulau Karimunjawa. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam.

Selain dengan menggunakan kapal Ferry Anda juga dapat menggunakan kapal express Bahari. Namun, kapal express Bahari ini hanya beroperasi pada hari-hari tertentu, yaitu pada hari Senin, Selasa dan jum’at. Untuk biaya nya pun sesuai jasa yang Anda butuhkan.

Untuk Anda yang naik kapall Ferry terdapat beberapa pilihan kelas. Biaya naik kapal Ferry kelas ekonomi dan VIP AC yang terbatas. untuk kapal express bahari kelas Eksekutif AC, dan kelas VIP.

Namun, bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, Anda dapat naik kapal Ferry Siginjai. Biaya naik kapal Ferry Siginjai untuk kelas ekonomi. Namun, kapal Ferry Siginjai ini hanya beroperasi pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu dari jam 6 sampai jam 7 pagi

 

2. Rute dari Kota Semarang

Rute menuju Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa yang kedua adalah melalui kota Semarang. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Karimunjawa dengan melalui Semarang, Anda dapat melakukan perjalanan dengan beberapa pilihan perjalanan berikut ini.

  • Melalui jalur udara

Rute melalui semarang dengan melalui jalur udara ini Anda dapat melalui bandara Ahmad Yani kemudian menuju ke bandara Dewandaru yang terletak di Karimunjawa. Beberapa pesawat pilihannya yaitu, Susi Air, NAM Air, dan juga Wings Air. untuk saat ini bandara dewandaru dalam perbaikan

  • Melalui jalur laut

Dan bagi yang ingin melalui jalur laut, Anda dapat naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Perjalanan tersebut dilanjutkan dengan menuju ke Pulau Karimunjawa. Sesampainya disana Anda bisa langsung menikmati keindahan pantai.

 

Objek Wisata Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Karena ramainya pengunjung pantai Tanjung Gelam Karimunjawa sehingga membuatnya seperti pelabuhan. Keramaian tersebut dikarenakan adanya pesona dan juga daya tarik yang berada di pantai tersebut. Objek pantai wisata di antaranya adalah :

 

1. Pasir Putih

Salah satu objek wisata yang dicari ketika berkunjung ke pantai adalah adanya hamparan pasir putih yang bersih. Di pantai ini pasir putih tersebut memiliki tekstur yang lembut. Pesona inilah yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di pantai Tanjung Gelam.

 

2. Air Laut yang Jernih

Selain memiliki hamparan pasir putih, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung adalah adanya air laut yang jernih. Di pantai Tanjung Gelam ini memiliki warna air yang berwarna biru kehijauan sehingga menjadi daya tarik.

Wisata Jepara yang memiliki ombak yang cukup besar ini banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menikmati suasana pantai yang nyaman. Pengunjung dapat bermain air bersama dengan keluarga, sahabat, atau orang terkasih.

 

3. Semilir Nyiur Pohon Kelapa

Untuk mendapatkan hasil foto yang indah para pengunjung pasti mencari spot foto yang tentunya juga mendukung. Salah satu spot foto yang indah adalah nyiur pohon kelapa yang ada di pantai Tanjung Gelam.

Foto akan semakin menarik apabila dilengkapi dengan background air laut yang jernih dan pasir putih yang sangat bersih disertai dengan ratusan jajaran pohon kelapa. Sehingga momen kebahagiaan Anda dapat diabadikan melalui social media yang Anda miliki.

 

4. Snorkeling

Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling, Anda dapat menikmati keindahan bawah laut dengan aktivitas menyelam. Di sana terdapat gugusan terumbu karang yang terawat dan juga berbagai jenis ikan yang senantiasa memanjakan mata Anda.

 

Fasilitas Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Pantai ini memiliki berbagai kelengkapan fasilitas bagi para wisatawan. Adanya kelengkapan di tempat wisata merupakan indikator yang banyak dicari oleh para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temui di pantai Tanjung Gelam.

  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Toilet dan kamar mandi
  • Tempat makan
  • Penginapan atau hotel dan sejenisnya

Penutup

Biaya ke Karimunjawa ini pun terbilang murah. Untuk mendapatkan berbagai penawaran paket liburan ke Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa, Anda dapat mengunjungi website https://karimunjawa.id/

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
× Hallo kak........