Categories:

Dari sekian banyaknya wisata di Karimunjawa ternyata hanya ada 6 yang bisa Anda kunjungi. Penasaran apa saja kiranya? Intip saja di sini ya!

Siapa sih yang tak kenal dengan wisata di Karimunjawa? Kepulauan besar yang berada di laut Jawa ini tak henti-hentinya untuk menarik perhatian banyak orang. Terutama bagi para wisatawan lokal dan interlokal yang ingin mengunjunginya.

The Paradise of Java, mungkin istilah ini yang sangat melekat pada kepulauan yang satu ini.  Menariknya untuk pelancong lantaran wisata di Karimunjawa ini menawarkan berbagai macam keindahan alam. Seperti halnya wisata pantai, bawah laut, hutan dan juga potensi budayanya.

Intip Wisata di Karimunjawa yang dapat Anda Datangi

Wisata di Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang terletak sekitar 80 kilometer sebelah utara dari Jepara, Jawa Tengah. Wisata di Karimunjawa 2022 ini mulai tersebar dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Di mana kawasannya memiliki luas daratan kurang lebih 1.500 hektare.

  1. Pantai Tanjung Gelam

Wisata di Karimunjawa terbaru yaitu Pantai Tanjung Gelam. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Karimunjawa. Wisata ini memiliki ribuan panorama yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga.

Wisata satu ini telah masuk dalam deretan wisata di Karimunjawa yang paling populer di tahun ini. Lantaran pantai ini menyajikan suasana yang indah dan menakjubkan. Anda dapat menikmati suasana pantai dengan angin laut yang sejuk.

Terlihat dari kejauhan pasir putih panjang memang sangat indah sekali. Tidak hanya itu, terumbu karang juga terlihat dari kapal saat kita memasuki pantai tersebut. Pasir Pantai Tanjung Gelam terbilang cukup halus dan bersih juga lumayan luas untuk dinikmati.

Di sekitarnya juga terdapat pohon kelapa yang berjajar dengan sempurna. Di tambah lagi, pantai Tanjung Gelam terdapat beberapa pohon kelapa yang miring ke laut loh. Jadi seolah tampak hendak roboh atau jatuh Seperti yang sudah sering di temukan di foto shoot.

Kesan seperti itu sangat cocok dijadikan background foto untuk Anda yang gemar berfoto. Coba saja tunggu sampai matahari mulai tenggelam. Karena, wisata di Karimunjawa pantai Tanjung Gelam memiliki pemandangan sunset yang sangat indah pada saat matahari tenggelam.

2. Pantai Batu Topeng

Tour Wisata Karimunjawa yang kedua Disini ada Pantai Batu Topeng. Wisata ini salah satu pantai pasir putih yang indah yang dijadikan sebagai daya tarik wisata, baik wisata darat maupun laut. Pasalnya pantai ini dapat diakses baik melalui jalur laut maupun darat.

Bila Anda ingin mengunjungi pantai Batu Topeng dengan akses darat.  Anda disini hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 15 menit dari alun-alun Karimunjawa. Pantai Batu Topeng ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan pada sore hari atau pun saat siang hari.

Di Wisata di Karimunjawa Batu Topeng juga terdapat beberapa warung makanan. Dimana warung tersebut menyediakan menu makanan dan minuman seperti mie instan, es kelapa, kopi, teh, dan sebagainya. Anda dapat menikmati suasana pantai tanpa perlu khawatir kehabisan bekal.

3. Pulau Menjangan Besar

Wisata di Karimunjawa yang ketiga yaitu ada wisata Menjangan Besar. Pulau Menjangan Besar ini adalah pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimunjawa. Pulau ini juga termasuk pulau terdekat dari pelabuhan dan dermaga Karimunjawa.

Tidak hanya itu, di sini juga dapat melihat matahari terbenam di dermaga. Untuk dapat ke pulau ini, Anda bisa mengunjungi pulau besar ini dengan menggunakan perahu wisata. Bahkan juga menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

Wisata Karimunjawa sudah dibuka sejak beberapa tahun yang lalu.  Pulau besar ini juga menjadi destinasi favorit para wisatawan lantaran terdapat penangkaran hiu yang sangat terkenal di sini. Tapi, Anda tidak hanya sekedar mengunjungi hiu-hiu di sana.

Bila Anda mau, Anda juga bisa berenang bersama mereka. Cocok banget untuk dicoba bukan? Selain hiu tersebut, di sini juga terdapat beberapa makhluk laut lainnya seperti penyu, bintang laut, dan beberapa jenis ikan unik lainnya.

4. Pulau Menjangan Kecil

Wisata Karimunjawa khusus honeymoon  adalah Pulau Menjangan Kecil. Jarak tempuh untuk sampai ke Pulau Menjangan Kecil sekitar 5 jam. Tetapi di sepanjang perjalanan, Anda di sini akan disajikan dengan pemandangan indah di sekitar Anda.

Pulau Menjangan Kecil juga menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Terlihat dengan jelas keindahan terumbu karangnya yang luar biasa dan dilengkapi dengan kehidupan ikan-ikan kecil. Semua itu akan menyambut para wisatawan sembari berenang di sana.

Tidak hanya berenang dan menyelam, aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan di Pulau Menjangan Kecil adalah snorkeling. Maka dari itu, pulau ini juga disebut sebagai Surga untuk kegiatan snorkeling dan diving. Jadi cocok banget untuk yang memiliki hobi snorkeling sobat.

Untuk saat ini Pulau Menjangan Kecil masih sangat bersih dan bebas sampah serta polusi udara. Wisata satu ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menjernihkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari-hari. Karena tempatnya yang masih saja asri dan tidak kotor seperti wisata lainnya.

5. Island Hopping

Wisata di Karimunjawa yang kelima yaitu Island Hopping. Di sini Anda dapat pergi ke beberapa pulau sekaligus, hanya dalam waktu sehari saja. Tentu saja hal Ini merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk Anda yang juga suka travelling.

Kegiatan Island Hopping ini sebenarnya merupakan kegiatan utama yang di tawarkan di sini. Kapten kapal di sini akan membawa Anda ke banyak tempat atau pulau eksotis di Karimunjawa. Banyak sekali pulau yang bisa Anda kunjungi di lokasi yang satu ini.

Pulau yang dapat di kunjungi seperti Pulau Menjangan Besar, pulau tempat penangkaran hiu. Juga ada pulau Menjangan Kecil yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling. Jadi cocok sekali untuk para penikmat alam bebas yang ingin menghilangkan penat.

6. Pulau Gosong Tengah

Wisata di Karimunjawa unik berikutnya yaitu Pulau Gosong Tengah. Di Karimunjawa juga ada loh tempat wisata unik yang dinamai Pulau Gosong Tengah. Pulau ini merupakan endapan pasir yang berada di tengah lautan.

Penduduk lokal sekitarnya menyebut dengan gosongan. Lalu kira – kira apa yang membuatnya unik? Selain disebut sebagai Pulau Gosongan, ternyata pulau ini juga disebut dengan Pulau Timbul Tenggelam. Kenapa bisa gitu ya?

Hal ini  karena pulau ini hanya dapat ditemui di permukaan pada sekitar pukul 9 pagi hingga 5 sore. Untuk selebihnya pulau ini akan tertutup air laut atau tenggelam. Untuk Anda yang gemar berfoto, tempat ini akan menjadi spot foto yang sangat bagus.

Tentunya dengan berlatar langit dan hamparan laut biru yang kontras dengan pasir pantai yang putih. Bila Anda tidak dapat berenang, Anda tidak perlu khawatir tenggelam ya sahabat. Karena perairan sekitar pulau ini sangat dangkal dan berarus tenang.

Jadi Anda tidak perlu menyewa alat-alat renang lagi ya sobat. Karena sudah terjamin aman dan tidak akan membuat celaka para pengunjung. Cocok dan pastinya rekomendasi banget nih bagi Anda semua yang tidak bisa berenang.

Penutup

Dari sekian banyaknya wisata di Karimunjawa yang ada, Anda dapat mencoba keenam wisata yang sudah disebutkan di atas. Di jamin Anda akan mendapatkan sensasi yang luar biasa ketika berada di lokasi wisata tersebut. Selamat mencoba dan bersenang-senang ya!

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
× Hallo kak........